Hey guys, kali ini aku ingin membagikan kegiatan-kegiatanku selama mengikuti Program Kampus Mengajar Angkatan 4. Program ini dilaksanakan selama 5 bulan di SD Negeri 1 Tlogorejo Kec. Tegowanu Kab. Grobogan Jawa Tengah.
Minggu Pertama
Pada minggu pertama, digunakan untuk observasi tempat penempatan yaitu SD Negeri 1 Tlogorejo. Setiap tim kurang lebih 3 sampai 5 mahasiswa. dan di SDN 1 Tlogorejo terdapat 5 mahasiswa Kampus Mengajar dan satu Dosen Pembimbing Lapangan.
Foto diatas adalah foto mahasiswa Kampus Mengajar bersama Bapak Noer Qomarudin, S.Pd sebagai Kepala Sekolah SDN 1 Tlogorejo dan Ibu Annis Nurfitriana Nihayah, S.E., M.E., sebagai Dosen Pembimbing Lapangan.
Hasil dari Observasi tim kami di SDN 1 Tlogorejo yaitu :
- Keadaan Lingkungan kelas, di SDN 1 Tlogorejo terdapat 8 ruang kelas, yaitu kelas rendah terdapat kelas 1a, 1b, kelas 2, dan kelas 3. Sedangkan kelas tinggi terdapat kelas 4, kelas 5a, 5b, dan kelas 6. Ada sebagaian kelas yang belum ada struktur organisasi, jadwal Pelajaran, jadwal piket, foto Presiden dan Wakil Presiden, almari, papan Panjang, kalender, dan media pembelajaran yang belum memadai, sehingga ruang kelas terkesan kurang hidup. Selain itu Sebagian ruangan banyak cat yang mengelupas.
- Keadaan lingkungan sekolah, cukup luas karena dulu SDN 2 Tlogorejo gabung ke SDN 1 Tlogorejo. Di SDN 1 Tlogorejo terdapat lapangan, perpustakaan dan musholla yang terbengkalai, ada juga ruang guru yang atapnya hampir roboh, sehingga untuk sementara waktu ruang guru di tempatkan di ruang lainya. Lalu ruang UKS yang tidak pernah digunakan lagi. Tentang kebersihan sekolah, siswa-siswi sudah menerapkan kebersihan yang baik dengan membuang sampah pada tempatnya, akan tetapi belum tersedia tempat sampah yang membedakan antara sampah organik dan non organik.
- Hasil observasi proses pembelajaran, dalam proses pembelajaran masih menggunakan Kurikulum merdeka yang digunakan dikelas 1 dan 4, sedangkan di kelas 2, 3, 5, dan 6 menggunakan Kurikulum K13. Metode dan strategi pembelajaran kebanyak masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan saja. Sedangkan media dan sumber pembelajaran yang digunakan yaitu buku LKS, buku tematik, dan buku paket.
Dari hasil observasi diatas,
tim kampus mengajar di SDN 1 Tlogorejo membuat Program Kerja yang sesuai
kebutuhan SD dan sesuai dengan program Kampus Mengajar Angkatan 4 yaitu
Meningkatkan Literasi Numerasi.
Ada beberapa program
kerja dari tim KM SDN 1 Tlogorejo diantaranya :
1. Gerakan Literasi Sekolah
1) Menata
dan merapikan serta mengoperasikan kembali perpustakaan sekolah
2) Pembiasaan
membaca buku selama 15 menit sebelum pembelajaran dimulai
3) Membuat
slogan Pendidikan.
2. Literasia
1) Sasaran
semua kelas
a. Menyusun
pojok baca (buku diperoleh dari open donasi)
b. Dinding
literasi, dinding literasi ini dapat disi berbagai karya dari siswa seperti
kata-kata motivasi yang diperoleh buku yang telah dibaca, harapan dan karya
sastra antara lain puisi, pantun, cerpen)
2) Sasaran
kelas rendah
a. Pembuatan
media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi sesuai kebutuhan
peserta didik, seperti membuat puzzle suku kata, puzzle kata, dan gambar aktivitas.
3) Sasaran
kelas tinggi
a. Membuat
story book yang berisi pengalaman, liburan, kegiatan sehari-hari, dan menceritakan kembali buku yang sudah dibaca. (Estimasi waktu pembuatan story
book 2 minggu).
b. Pembuatan
media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi sesuai kebutuhan
peserta didik.
3. Numerasi
1) Sasaran
semua kelas
a. Membuat
kantong absensi
b. Membuat
media pembelajaran perkalian
2) Sasaran
untuk kelas rendah
a. Membuat
poster numerasi, seperti poster bangun datar dan lain-lain
3) Sasaran
untuk kelas tinggi
a. Membuat
poster numerasi, seperti poster bangun ruang dan lain-lain
4. Adaptasi Teknologi
1) Membuatkan
web untuk sekolah
2) Mengenalkan
platform Merdeka Mengajar
3) Membuatkan
akun media sosial untuk sekolah
5. Mengembangkan Sarana dan Prasarana
1) Memperindah
taman dengan nuansa literasi
2) Memulai
kembali ekstrakurikuler wajib pramuka untuk kelas tinggi dan sesuai minat untuk kelas rendah.
3) Program
pelatihan senam
4) Pembiasaan
menyanyikan lagu nasional dan daerah
5) Mengimplementasikan
lagu edukatif
6) Meningkatkan
semangat peserta didik dengan ice breacking
7) Memeriahkan
perayaan hari kemerdekaan 17 Agustus dengan lomba-lomba antara lain:
a. Kelas
tinggi a
a) Menyanyikan
lagu nasional
b) Cerdas
cermat (Indonesia pintar)
c) Baca
puisi
d) Mewarnai
gambar tema Kemerdekaan
e) Balap
karung
f) Estafet
karet
b. Kelas
rendah
a) Menyusun
puzzle gambar burung garuda
b) Menyanyikan
lagu nasional
c) Balap
kelereng
d) Memasukan
pensil dalam botol
Link video :
https://www.instagram.com/reel/Cgvu6n_pa_X/?igshid=NjIwNzIyMDk2Mg==
Komentar
Posting Komentar